Perencanaan jembatan Australian Steel..untuk kereta Api Merupakan langkah bagaimana merencanakan perhitungan struktur Rangka baja jembatan berkaitan dengan teknik sipil(civil engineering).. hal hal utama menyangkut baja akan dijelaskan berikut ini...Info ini saya jelaskan untuk pembuka blog ini agar mendapat detail pelaksanaan dan langkah2 perhitungan:
Step1
Tentukan bentang - lebar jembatan perencanaanTentukan jumlah gelagar melintang dengan jarak 4-6 meter (mendekati 5 meter) dalam satu segmen dan gel.memanjang setidaknya mendekati 1,5 meter.........setiap perhitungan menggunakan satuan KN-m
Step2
gunakan pasal pasal austeel untuk menghitung momen pada gel.melintang... dengan sarat:
1. beban 3 buah P=15 ton = 150 KN setiap jarak 1.5 meter + beban merata 80 KN(anggap gaya gravitasi=10m/s2)
2. sama pd no.1 dengan P = 250 KN
3. beban terpusat P=270 KN ditengah bentang (segmen gel.memanjang)
lanjutkan cari momen maksimum diatas dan jumlahkan
cari W efektif dengan rumus = M max/(0,85.teg.izin lentur)
teg.izin lentur tergantung jenis mutu baja yg digunakan
pilih profil dgn W > W efektif
kontrol dengan teg.lentur... = M.y/o,85.I dimana I=inersia profil dan y = jari2 inersia dan M=momen max
kontrol teg.geser 1.5 Q/(b.h) dimana Q=gaya lintang max.. b =lebar profil, h =tinggi profil
atau Teg.geser = Q.V/(I.b)
dimana: V= I/ jari2 inersia sumbu(mm3), I = inersia(mm4), dan b lebar profil...(mm)
pelajari ilmu mekanika bahan okeeey bro
Begitupula dengan gel.melintang cari reaksi perletakan yang ditimbulkan oleh gel.memanjang + tekanan angin + Berat sendiri (ingat disini direncanakan gelagar memanjang berada di atas gelagar melintang)
Baca buku austeel... saya juga blum sempat baca! hihihihhihihi
Masukkan faktor kejut+ gaya pengereman untuk menghitung momen maksimum pd gel. melintang
perlu diketahui nilai o,85 merupakan faktor reduksi
1. beban 3 buah P=15 ton = 150 KN setiap jarak 1.5 meter + beban merata 80 KN(anggap gaya gravitasi=10m/s2)
2. sama pd no.1 dengan P = 250 KN
3. beban terpusat P=270 KN ditengah bentang (segmen gel.memanjang)
lanjutkan cari momen maksimum diatas dan jumlahkan
cari W efektif dengan rumus = M max/(0,85.teg.izin lentur)
teg.izin lentur tergantung jenis mutu baja yg digunakan
pilih profil dgn W > W efektif
kontrol dengan teg.lentur... = M.y/o,85.I dimana I=inersia profil dan y = jari2 inersia dan M=momen max
kontrol teg.geser 1.5 Q/(b.h) dimana Q=gaya lintang max.. b =lebar profil, h =tinggi profil
atau Teg.geser = Q.V/(I.b)
dimana: V= I/ jari2 inersia sumbu(mm3), I = inersia(mm4), dan b lebar profil...(mm)
pelajari ilmu mekanika bahan okeeey bro
Begitupula dengan gel.melintang cari reaksi perletakan yang ditimbulkan oleh gel.memanjang + tekanan angin + Berat sendiri (ingat disini direncanakan gelagar memanjang berada di atas gelagar melintang)
Baca buku austeel... saya juga blum sempat baca! hihihihhihihi
Masukkan faktor kejut+ gaya pengereman untuk menghitung momen maksimum pd gel. melintang
perlu diketahui nilai o,85 merupakan faktor reduksi
STEP 3
TOTal kan beban akibat gelagar melintang...angin... Berat Sendiri seluruh rangka atau gelagar
Secara teliti tumpukan menjadi gaya terpusat pada titik simpul...(setiap segmen secara simetris)
TOTal kan beban akibat gelagar melintang...angin... Berat Sendiri seluruh rangka atau gelagar
Secara teliti tumpukan menjadi gaya terpusat pada titik simpul...(setiap segmen secara simetris)
Step 4
HItung Gaya batang... Cari Cremona reaksi perletakan... kontrol teg. normal TEntukan Profil melalui A efektif
buckling
rumusnya ((3,14^2) x E x I)/(panjang bentang satu segmen=jarak gel melintang^2) =....(nilai yang didapat harus lebih besar dari P). E baja = 2,1 10 ^ 6 kg/cm2 = 210000 MPA
dimana
P=gaya batang
I= inersia profil
E = elastisitas Baja (2,1 x 10^5 Mpa = 210000 N/mm2)
keterangan: ^=pangkat, jangan salah mangcekkk JIngok praturan Austeel... Cari N*,Nc,Ns...
Liat tabel... Fy = tegangan baja tarik izin, Fu=tegangan tarik maximum runtuh baja
Slamat menempuh hidup baru buat laporan baja II
buckling
Slamat menempuh hidup baru buat laporan baja II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar