Entri Populer

Senin, 21 Juni 2010

Mengukur Tank Tempur Israel

Mengukur Kekuatan Militer Israel (1): Tank Merkava
Amir Saipudin
| 19 Juni 2010 | 15:26
160
16
1 dari 1 Kompasianer menilai Aktual.

israel, sebuah negera kecil dengan persenjataan tercanggih di dunia.

Sebagai sebuah negara agressor yang telah mencaplok wilayah Negara Palestina, israel mau tidak mau harus mempertahankan dirinya.

Dengan persenjataan canggih yang dimilikinya hal itu menambah kepercayaan diri para prajuritnya demi mempertahankan negara Israel dari serangan musuh-musuhnya.

Tahun demi tahun para jenius di bidangnya telah menciptakan teknologi pertahanan militer yang terdepan, terus menerus mengembangkannya sampai batas maksimumnya, semuanya itu demi satu tujuan, yaitu kelangsungan hidup israel.

Saya berpikir, betapa Indonesia yang kaya dengan sumber daya alamnya tapi miskin teknologi akan menjadi sangat rentan terhadap serangan dari luar.

Saya sayang keluarga saya. Saya terkadang berpikir ekstrem seandainya Negara kita diserang secara tiba-tiba oleh Negara lain dengan persenjataan lengkap dan maju, apakah tentara kita sanggup menahan gempurannya, lalu menghadang dan menghalaunya keluar dari negeri kita tercinta ini? Bagaimana dengan nasib keluarga kita? Apakah mampu tentara kita dengan persenjataan ‘ala kadarnya’ mampu mengusir pergi para bangsa aggressor dari bumi pertiwi Indonesia bila pesawat tempur yang kita punya hanya beberapa skuadron saja, kapal perang hanya beberapa saja dan dengan minimnya teknologi, apakah mampu?

Saya sama sekali sedang tidak merendahkan kemampuan TNI, saya percaya komitmen TNI pada NKRI bahwa NKRI adalah harga mati, tapi ini adalah renungan batin saya apabila khayalan ekstrem itu benar-benar terjadi. Negeri kita begitu indah dan kaya, siapa yang tidak ingin menguasainya. Banyak Negara secara diam-diam maupun terang-terangan “mencuri” kekayaan alam kita. Untuk siapa? Untuk sebesar-besar kemakmuran Negara mereka dan untuk para “penjual negeri” yang telah mengkhianati amanah rakyatnya.

Indonesia adalah Negara besar, kita harus jadi yang terdepan. Tidak bisa tidak!! Semua elemen bangsa harus diberdayakan, khususnya TNI, karena merekalah yang berada di garis depan pertahanan Negara dari serangan luar. Maka dari itu saya berpikir bagaimana kekuatan TNI dapat diberdayakan semaksimal mungkin, tidak hanya dari segi sumber daya manusianya, akan tetapi sarana dan alat-alat pendukungnya juga.

Jaman telah berubah, dia yang menguasai informasi akan selalu jadi yang pertama. Dia yang menguasai teknologi akan menguasai dunia.

Saya, sebagai seorang anak bangsa merasa prihatin dan turut terpanggil untuk berbuat sesuatu demi kejayaan negeri ini. Negeri yang kata seorang kompasiana adalah negeri para bedebah, saya tidak pungkiri itu. Maka dari itu saya ingin merubahnya menjadi negeri sejuta jenius, yang berkeadilan, yang sejahtera rakyatnya dan kuat angkatan bersenjatanya.

But how?

Mari kita cooling down sejenak dan lihatlah apa yang sudah Israel perbuat bagi negaranya sendiri baru nanti kita bahas how-nya.

Berikut ini adalah sekelumit gambaran tentang kekuatan militer Israel. Karena topik yang sedang saya bahas ini adalah topik pertahanan militer maka yang akan saya bahas hanya seputar kemiliteran, saya tidak akan melebar kemana-mana, insyalah. Harapan saya anda mau untuk merenunginya, karena kalau hanya saya saja yang mau merenung dan peduli, apalah arti tulisan saya ini.

Mari kita simak apa saja kehebatan mereka. Berikut ini diantaranya :

1. Merkava Tank

Tank adalah salah satu persenjataan terpenting bagi Israel.

Dalam perang selama 6 hari melawan Negara-negara arab, tank adalah sesuatu yang spesial, karena berkat dukungan merekalah Israel bisa memenangkan pertempuran.

Ini adalah Merkava Mark-4, tank tercanggih yang diciptakan Israel. Dilengkapi dengan rudal APAM-T yang mampu menembus beton setebal 8 inci. Sekedar info, rata-rata bungker menggunakan jenis beton ini, bisa dibayangkan jika bertemu dengan tank Israel, Merkava?

Lihat gambar dinding beton hancur oleh rudal APAM-T yang diluncurkan dari tank Merkava.

Nama Merkava diambil dari nama yang ada di bibble (alkitab).

Merkava Mark-4 mempunyai fisik yang besar dan lebar. Dengan berat 65 ton dan kecepatan maksimum 35 mil/jam, tank ini melaju dengan mulus diberbagai permukaan tanah, baik yang berpasir maupun yang berbatu.

Lihat gambar dibawah ini.

“Ini adalah tank yang terbaik. Jika saya pergi ke perang sana, saya ingin ada di Merkava 4…”, demikian penuturan salah seorang personil militer Israel.

Tank Merkava didesain khusus untuk tentara Israel, dari Israel untuk Israel. Hampir keseluruhan body-nya tahan terhadap serangan roket maupun ranjau.

Merkava juga dilengkapi dengan sensor pendeteksi rudal. Merkava merupakan salah satu tank paling aman dan dinamis di dunia.

Penuturan salah seorang personil militer Israel yang mengemudikan tank sewaktu perang dengan libanon menguatkan hal ini. Katanya sewaktu dua buah rudal dari tank lawan menghantam Merkava, dirinya begitu merasa terlindungi, Merkava telah menyelamatkannya, begitu katanya.

Merkava 4 dilengkapi dengan 4 kamera eksternal yang berguna baik siang maupun malam, artinya dikegelapan malam pun mereka masih leluasa untuk melihat bak disiang hari saja.

Lihat dibawah ini.

Kondisi didalam Merkava cukup luas dan nyaman, tidak seperti tank-tank lain pada umumnya. Setidaknya ada 4 ruang di dalam Merkava yang bisa digunakan masing-masing personilnya seperti layaknya ruang pribadi mereka, begitu mereka menyebutnya. Artinya mereka tidak seperti ikan asin lagi yang numpuk disatu ruangan yang sempit, karena di Merkava-4 ada lebih dari satu ruang.

Merkava-4 menyediakan teknologi terkini yang canggih, memungkinkan untuk saling berkoordinasi antar elemen militer secara digital, misalnya dari tank ke pusat komando, dari tank ke pesawat tempur, ke kapal perang, dan lain-lain. Rahasia sukses dari Merkava 4 adalah saling terkoneksinya satu sama lain, baik perangkat digitalnya maupun antar komando dan tentaranya dilapangan.

Bagaimana dengan kita? Anda yang jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar